Tujuan

Departemen KSHE ini didirikan dengan tujuan utama menyelenggarakan Tridharma dalam bidang pelestarian alam. Pembentukan Program Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan kerusakan sumberdaya hutan dan lingkungan yang menyebabkan kelangkaan flora maupun fauna penting bagi kelangsungan hidup manusia dan kehidupan lainnya di muka bumi. Kompleksitas permasalahan lingkungan dewasa ini secara umum juga menjadi fokus perhatian Departemen KSHE sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dituntut menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas dan profesional di bidang konservasi sumberdaya hutan dan lingkungan.

Sesuai dengan visi dan misinya, IPB menetapkan tujuan yang harus dicapai sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS.
  2. Memberikan inovasi IPTEKS ramah lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan umat manusia.
  3. Menjadikan IPB sebagai lembaga pendidikan tinggi yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat baik secara nasional dan global.
  4. Menjadikan IPB sebagai kekuatan moral dalam masyarakat madani Indonesia.

Sementara itu, tujuan pendidikan di Fakultas Kehutanan IPB adalah

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang tanggap terhadap permasalahan pembangunan kehutanan tropis, mampu menjadi trend setter bagi profesi kehutanan, mampu membangun jejaring kerjasama, dan berkemampuan mengembangkan kewirausahaan.
  2. Menghasilkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya pengembangan keilmuan dan pengembangan good practices dalam pengelolaan hutan dan industri kehutanan.
  3. Menjadi lembaga pendidikan tinggi kehutanan berkualitas yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan kehutanan yang berubah dengan cepat baik secara nasional maupun global.
  4. Menjadi lembaga pendidikan tinggi kehutanan yang dapat memberikan kekuatan moral dalam masyarakat madani Indonesia.

Dalam mengemban misi dan untuk mencapai visinya, Departemen KSHE menetapkan tujuan  dalam kurun waktu 10 tahun mendatang sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan (SDM) yang bermutu tinggi di bidang konservasi keaneka-ragaman hayati tropika dan lingkungan hidup secara efisien berdasarkan kebutuh-an masyarakat dan tuntutan masa depan.
  2. Menghasilkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis penelitian dan adaptasi teknologi di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup.
  3. Menghasilkan inovasi teknologi tepat guna di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup dan memfasilitasi penerapannya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan sistem jaminan mutu dan good governance dalam pengelolaan institusi Departemen KSHE, sehingga terwujud lembaga pendidikan tinggi di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup yang credible.