Fasilitas

Dalam memfasilitasi penyelenggaraan sistem kurikulum mayor-minor khususnya ruang kuliah diatus secara terintegrasi dan terpusat oleh IPB sebagai domain penyedia fasilitas, termasuk melayani seluruh mahasiswa program studi Departemen KSHE Fakultas Kehutanan IPB.

Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata saat ini memiliki  2 unit bangunan utama yang berada pada 2 lokasi berbeda yaitu 1 unit Gedung lama (Sekretariat Pascasarjana dan Laboratorium mulai Mei 2014) terdiri dari bangunan berbentuk L , dengan luas  + 1.431,01 m2.  Gedung baru (Sekretariat Program Sarjana, Ruang Divisi dan ruang kerja dosen) terdiri dari bangunan dengan bentuk wing 3 lantai terintegrasi dengan bentuk gedung yang ada pada umumnya di lingkungan Kampus IPB Darmaga yang memiliki luas bangunan + 1.800 m2. Sebagai sarana pendukung 2 bangunan utama tersebut yaitu ruang kuliah + 2.512,25 m2 dan luas + 915,60 m2 (untuk kegiatan praktik) yang sebagiannya terintegrasi dengan bangunan yang ada di Fakultas Kehutanan IPB, serta kebun percobaan pertanian / ladang, hutan dan lain-lain tersebar baik di Jawa maupun luar Jawa.

Fasilitas pendukung dibagi menjadi beberapa alokasi ruang, yaitu ketua dan sekretaris dan DKSHE administrasi kepala, ruang kerja mahasiswa pascasarjana, pasca-sarjana ruang sekretaris, DKSHE ruang administrasi, ruang dosen, ruang tamu, rapat fakultas, ruang sidang, ruang divisi/bagian, ruang lab. Ekologi Satwaliar (ESL), Lab, Konservasi Ek-situ Satwaliar, Lab. Analisis Lingkungan dan Pemodelan Spasial, Lab. Konservasi Tumbuhan, Studio Manajemen Kawasan Konservasi, Studio Rekreasi Alam dan Ekowisata, ruang Himpro mahasiswa (HIMAKOVA), ruang ujian komprehensif, perpustakaan, laboratorium membaca, asisten laboratorium / teknisi laboratorium, arsip / repositori, mushola dan dapur. sebagian ruang digunakan sebagai ruang kerja dosen, sedangkan saat ini masih membutuhkan ruang arsip atau gudang yang memadai. Untuk mengedepankan pelayanan bagi mahasiswa melalui penyediaan buku-buku yang lengkap di perpusatakaan IPB, serta fasilitas pendukung lainnya berupa layanan internet, sarana prasaranan olahraga, Sarana penunjang lainya diantaranya kandang penangkaran satwa (Jl. Lengkeng Kampus IPB Darmaga), dan praktik di Hutan Pendidikan Gunung Walat Sukabumi.

Pin It on Pinterest