Sejarah Himpro

HIMAKOVA ( Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan & Ekowisata) adalah sebuah organisasi profesi yang berada di Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. HIMAKOVA berdiri pada tanggal 12 September 1985. Pada awal berdirinya organisasi ini, sudah terdapat 5 Kelompok Pemerhati yang terbentuk dan ikut membangun fondasi HIMAKOVA.

HIMAKOVA tertdiri dari 6 Biro dan 8 Kelompok Pemerhati. Biro yang berada dalam HIMAKOVA terdiri dari Biro PSDM, Biro Kewirausahaan, Biro Kesekretariata, Biro Informasi dan Komunikasi, Biro Kekeluargaan, serta Biro Sosial dan Lingkungan. Kelompok Pemerhati yang berada di Himakova diantaranya Kelompok Pemerhati Mamalia ‘Tarsius’, Kelompok Pemerhati Burung ‘Perenjak’, Kelompok Pemerhati Herpetofauna ‘Python’, Kelompok Pemerhati Kupu-kupu ‘Sarpedon’, Kelompok Pemerhati Flora ‘Rafflesia’, Kelompok Pemerhati Gua ‘Hira’, Kelompok Pemerhati Ekowisata ‘Tapak’, dan Fotografi Konservasi.

HIMAKOVA memiliki beberapa program kerja unggulan diantaranya Gebyar Himakova, Kampus Biodiversitas, Expo HIMAKOVA, Ekspedisi Eksplorasi Fauna, Flora, dan Ekowisata Indonesia (Rafflesia), Ekspedisi Studi Konservasi Lingkungan (Surili), serta Seminar Nasional Hasil Ekspedisi HIMAKOVA.

Pin It on Pinterest