Profile Alumni S3

Sampai saat ini lulusan Program Doktoral (S3) PS Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) dan PS Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ) belum memiliki Himpunan Alumni khusus yang beranggotakan lulusan PS KVT dan atau PS MEJ.  Kemungkinan pembentukan himpunan alumni khusus untuk lulusan Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ akan mulai diwacanakan. Hal ini dipandang penting karena diharapkan akan  memberikan pengaruh lebih positif baik terhadap masukan untuk perbaikan dan pengembangan program studi ke depan maupun juga untuk memperkuat jejaring kerja yang lebih konstruktif dan produktif didalam upaya pemecahan masalah konservasi biodiversitas tropika serta manajemen ekowisata dan jasa lingkungan yang diketahui cenderung terus meningkat dan semakin kompleks.

Lulusan Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ saat ini terhimpun dalam Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor dan juga merupakan anggota Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB. Secara Rutin setiap 4 tahun sekali Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB melakukan acara reuni Alumni Fakultas Kehutanan yang biasa disebut “Hari Alumni Pulang Kampus” (HAPKA). 

Partisipasi yang dapat diperoleh dari adanya acara HAPKA ini adalah Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ mendapatkan promosi secara tidak langsung dari alumni.   HAPKA ini juga memberikan kesempatan jejaring yang luas antar alumni PS KVT dan PS MEJ atau dengan alumni Fakultas Kehutanan yang lain. Alumni Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ dalam acara HAPKA akan diminta masukkannya untuk perbaikan proses pembelajaran, pengembangan jejaring dan aspek lainnya untuk kemajuan Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ meliputi :

a.  Masukkan untuk proses pembelajaran.

Para alumni dapat memberikan masukkan melalui berbagai kegiatan narasumber dalam seminar, studium general, lokakarya, serta FGD. Melibatkan alumni dalam penyusunan kurikulum mata kuliah yang salah satunya didasarkan pada kebutuhan pengguna dengan mengacu informasi dari alumni agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

b.  Pengembangan jejaring.

Pengembangan jejaring dilakukan melalui Website Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata   nama web  serta berbagai media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan lainnya. Jejaring komunikasi selain sebagai media silaturahmi  juga dimaksudkan untuk penyebaran informasi lowongan kerja, magang, serta beasiswa.

c.  Sumbangan dana

Dana dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seminar, beasiswa mahasiswa berprestasi, serta pengadaan sarana pembelajaran.

d.  Sumbangan fasilitas.

Sumbangan fasilitas dapat berupa buku-buku untuk perpustakaan,  komputer, projector dan lainnya.

Masukan yang diberikan oleh alumni  untuk Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ meliputi :

a.  Penilaian standard pengajaran (terkait dengan dosen, bahan ajar serta bahan bacaan) pada PS KVT selama kuliah.

  1. Materi Pengajaran yang diajarkan terus berkembang dalam pembelajarannya, dan sudah sesuai standar pengajarannya, namun perlu penyesuaian dengan topik penelitian pada program studi lainnya.
  2. Dosen sudah menguasai ilmu yang disampaikan kepada mahasiswa. Bahan ajar yang digunakan terdiri dari bahan ajar lama sampai terkini digunakan dalam proses
  3. Perlu ditambahkan bahan ajar dan bacaan  yang lebih up to date , teruji dan banyak diaplikasikan serta mempunyai terobosan baru.

b.  Penilaian kurikulum Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ (terkait dengan kelengkapan, keterbaruan serta relevansi).

  1. Sangat bagus dan fleksibel dalam pembelajaran kurikulum Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ
  2. Kurikulum Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ sudah sangat lengkap, terbaru dan relevan bagi mahasiswa.
  3. Kurikulum telah sesuai dengan tujuan LO program studi.
  4. Perlu ditambahkan dengan ilmu-ilmu yang lebih aplikatif dan adaptif sehingga mudah dan efektif untuk dimanfaatkan

c.  Aspek yang harus diperkuat untuk meningkatkan kualitas lulusan Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ.

  1. Kualitas bahan ajar masih perlu diperkuat dengan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mengakses bahan ajar melalui jurnal-jurnal internasional yang terkait dengan bidang konservasi biodiversitas tropika.
  2. Mayoritas kualitas mengajar dari dosen sudah bagus. Menguasai materi yang disampaikan, namun masih perlu ditingkatkan materi-materi terbaru sesuai dengan perkembangan dan permasalahan konservasi. Metode pengajaran menggunakan ceramah, diskusi dua arah dan beberapa metode yang sesuai dengan pembelajaran orang dewasa. Serta disarankan untuk lebih interaktif. 
  3. Untuk memperkaya pengalaman/implementasi dari materi yang diajarkan, perlu lebih banyak melibatkan tenaga pengajar dari kalangan birokrasi, praktisi, dunia usaha, dan NGO

d.  Alumni Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ memberikan masukan materi yang dirasakan perlu diberikan kepada mahasiswa PS KVT dan PS MEJ adalah:

  1. Pengelolaan jenis spesies asing invasif
  2. Tambahan mata kuliah terkait perubahan iklim, tambahan terkait GIS
  3. Pendekatan dalam membuat metode penghitungan populasi satwaliar secara efektif dan efisien
  4. Ilmu manajemen untuk pengelolaan biodiversitas dan jasa lingkungan

e.  Masukan alumni terhadap sarana, prasarana, administrasi dan penyelenggaraan program.

  1. Penyediaan ruang, sarana dan prasarana untuk kegiatan telekonferensi yang dapat digunakan untuk kepentingan kuliah jarak jauh, diskusi, seminar, dan lain-lain.
  2. Memiliki jurnal nasional terakreditasi DIKTI. 
  3. Setiap dosen memiliki website berisi bahan ajar dan jurnal berkala berkaitan dengan kompetensinya.
  4. Perlu memperbaiki dan melengkapi sarana prasarana pembelajaran.
  5. Perlu adanya pertemuan/silaturahim dosen, pengelola Program Doktoral PS KVT dan PS MEJ dengan mahasiswa agar saling mengenal di tiap angkatan
  6. Perlu tempat kuliah yang lebih nyaman

Pin It on Pinterest