Profile Alumni S2

Lulusan Magister (S2) PS Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) dan Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ) merupakan anggota Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor, Lulusan Magister (S2) PS KVT dan MEJ beserta seluruh lulusan PS lainnya akan diterima secara resmi sebagai alumni IPB dalam acara wisuda. Lulusan Magister (S2) PS KVT dan MEJ juga secara otomatis merupakan anggota Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB karena Program Magister (S2) PS KVT dan MEJ berada di bawah naungan Departemen KSHE yang juga merupakan bagian dari Fakultas Kehutanan-IPB.

Dalam skema umum kegiatan Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan (HAPKA) IPB yang dilakukan secara rutin setiap 3 tahun sekali. HAPKA diisi dengan kegiatan “peduli almamater”, “peduli kehutanan”, “musyawarah nasional Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB” serta acara hiburan dan keakraban keluarga.
Pada setiap acara HAPKA tersebut semua alumni Fakultas Kehutanan IPB termasuk lulusan Program Magister (S2) PS KVT dan MEJ pada dasarnya diundang baik secara langsung maupun tidak langsung melalui undangan umum untuk hadir dan memberikan partisipasinya. Bentuk partisipasi yang diberikan alumni baik berupa dukungan dana untuk pengembangan fakultas, saran untuk perbaikan dan penyempurnaan pengelolaan fakultas, termasuk PS KVT serta membangun jejaring antara Program Magister (S2) PS KVT dan MEJ dengan alumni. Pada acara ini juga biasanya semua PS dan/atau Departemen pengampu memanfaatkan untuk melakukan promosi dan penjajagan kerjasama kemitraan dengan alumni.

Terkait dengan kemungkinan pembentukan himpunan alumni khusus untuk lulusan program Magister (S2) PS KVT dan MEJ maka mulai diwacanakan. Hal ini dipandang penting karena diharapkan akan memberikan pengaruh lebih positif baik terhadap masukan untuk perbaikan dan pengembangan program studi ke depan maupun juga untuk memperkuat jejaring kerja yang lebih konstruktif dan produktif didalam upaya pemecahan masalah konservasi biodiversitas tropika serta manajemen ekowisata dan jasa lingkungan yang diketahui cenderung terus meningkat dan semakin kompleks.

Pin It on Pinterest