Profile Alumni Sarjana

Lulusan Program Sarjana Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB dari Angkatan pertama 1984 sampai dengan Desember tahun 2017 sudah mencapai lebih dari 1.913 orang lulusan yang disajikan pada tabel berikut (Tabel).

Program Sarjana (S1) Departemen KSHE tidak memiliki himpunan alumni tersendiri, akan tetapi semua lulusan Fakultas Kehutanan IPB, termasuk didalamnya alumni Program Sarjana (S1) Departemen KSHE yang tergabung di dalam Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB. Proses penerimaan himpunan alumni dilakukan pada saat wisuda sarjana yang ditandai dengan penyematan lencana alumni secara simbolis kepada para wisudawan oleh Ketua dan Sekretaris Himpunan Alumni.  Sejak saat itu semua lulusan dari Fakultas Kehutanan IPB secara resmi tergabung dalam Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB. Walaupun demikian, telah diinisiasi pembentukan alumni Program Sarjana (S1) Departemen KSHE dengan nama IPB CAN (Conservation Alumni Network).

Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan memiliki agenda rutin setiap 4 tahun yaitu reuni Alumni Fakultas Kehutanan yang biasa disebut “Hari Alumni Pulang Kampus” (HAPKA) serta agenda setiap tahun antara lain rapat-rapat dan diskusi yang diselenggarakan di Fakultas Kehutanan dengan menghadirkan para pakar dan nara sumber yang relevan. Pertemuan dan diskusi diselenggarakan guna membahas perkembangan permasalahan pengelolaan hutan secara keseluruhan serta antisipasi dan saran rekomendasi yang dapat diusulkan kepada Kementerian Kehutanan RI.  Pembahasan juga menyangkut kemungkinan-kemungkinan pengembangan mata kuliah dalam bentuk usulan perbaikan kurikulum. Semua usulan atau pendapat ini dapat dituangkan alumni kapan saja melalui berbagai media maupun pada saat program studi melaksanakan pelacakan lulusan berkala. Masukan ini akan menjadi umpan balik dari alumni dan merupakan salah satu aspek yang dipertimbangkan dalam perbaikan pengembangan kurikulum.

Himpunan alumni kerap memberikan bantuan yang mendukung kegiatan akademik seperti sumbangan peralatan penunjang belajar mengajar, sumbangan dalam pengadaan fasilitas baik dalam bentuk barang maupun dana.

Para alumni juga memberikan bantuan dan memfasilitasi kelancaran pelaksanaan praktek kerja lapang dan praktek kerja lapang profesi, serta praktek-prektek kerja lainnya seperti penelitian mahasiswa dan dosen. Saat menerima mahasiswa praktek di tempat kerja alumni, biasanya alumni akan memberikan bantuan guna kelancaran pelaksanaan praktek. Alumni akan memberikan bantuan pinjaman fasilitas seperti peralatan pendukung pencarian data, sarana seperti kendaraan yang akan mengantar ke lokasi yang jauh atau sulit ditempuh, prasarana seperti ruang atau asrama untuk tempat tinggal sementara dan lain sebagainya. Besarnya kontribusi dari alumni dipengaruhi oleh kemampuan dari alumni yang bersangkutan namun minimal alumni dapat membuka jaringan atau menjadi penghubung antara program studi dengan berbagai instansi guna memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan. Alumni

Dalam bidang non-akademik, Himpunan Alumni memberikan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu. Himpunan alumni juga kerap memberikan sumbangan dana untuk kegiatan mahasiswa, sumbangan fasilitas, bantuan pengembangan jejaring kerjasama dan penyediaan fasilitas yang sifatnya non-akademik. Selain itu himpunan alumni juga sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan non-akademik seperti temu alumni-mahasiswa, kegiatan kekeluargaan semua sivitas akademika Program Sarjana (S1) Departemen KSHE, memfasilitasi kegiatan peningkatan soft skills, bantuan pembinaan agar mahasiswa lebih mengenal dan memahami dunia kerja, dan turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan non akademik lain baik yang diadakan oleh program studi maupun oleh mahasiswa. Peran penting alumni sangat dirasakan di Program Sarjana (S1) Departemen KSHE karena jejaring yang berkembang dengan bantuan alumni sangat memudahkan terselenggranya berbagai kegiatan kemahasiswaan himpunan mahasiswa Program Sarjana (S1) Departemen KSHE yang kerap diadakan di berbagai kawasan konservasi dalam dan luar pulau Jawa yang tentusaja membutuhkan dana yang tidak sedikit dalam pelaksanaannya. Adanya alumni pada lokasi tujuan pelaksanaan kegiatan mahasiswa akan memudahkan mahasiswa memperoleh informasi awal mengenai lokasi serta pihak-pihak yang dapat dihubungi yang berwenang ataupun dapat memberikan bantuan.

Profile Capaian Mutu lulusan Sarjana Kehutanan Departemen KSHE sebagai berikut :

Pin It on Pinterest