Ekologi Manajemen Satwa Liar

Latar Belakang

Divisi Ekologi dan Manajemen Satwaliar (EMS) merupakan salah satu dari  lima divisi yang berada di bawah Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE). Divisi EMS memiliki dua laboratorium, yakni Laboratorium Ekologi Satwaliar (ESL) dan Laboratorium Konservasi Ek-Situ Satwaliar (KES).

Sebanyak 13 orang staf pengajar bernaung di bawah Divisi EMS, sebagian besar (11 orang) adalah anggota Laboratorium ESL. Selain bertanggungjawab terhadap pelaksanaan beberapa mata kuliah yang penting, Divisi EMS juga berkewajiban untuk mengembangkan keilmuan sesuai dengan mandat yang diberikan. Dengan berkembangnya  ilmu pengetahuan tentang konservasi dan manajemen satwaliar, serta banyaknya permasalahan yang terjadi di lapangan, maka hal tersebut menuntut Divisi EMS untuk selalu berkembang guna memberikan ilmu dan aplikasi yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan kebutuhan di lapangan pengembangan Divisi dalam bidang akademik untuk mendapatkan inovasi IPTEKS dirasakan sangat diperlukan agar Divisi dapat berkembang secara optimal, up-to-date  yaitu : 

  1. melakukan evaluasi kegiatan akademik yang selama ini dilaksanakan, sebagai basis untuk melakukan pengembangan pada masa mendatang;
  2. merumuskan rencana-rencana pengembangan akademik yang telah dilakukan oleh Divisi EMS, berdasarkan evaluasi dan situasi di lapangan yang terkini;
  3. menentukan kebutuhan     sarana     dan      SDM     yang      diperlukan       untuk mengembangkan SDM (laboran) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan spesimen dan pengelolaan pakan satwa.
  4. Pengadaan alat pada Divisi EMS khususnya di Laboratoriun ESL dan KES bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan praktikum di laboratorium dan praktik lapang yang akan dilakukan oleh mahasiswa, agar penyerapan ilmu dan keterampilan dapat lebih optimal.

    

B. Kepala Bagian, Dosen dan Pranata Laboran

Kepala Bagian : Prof. Dr. Ir. Ani Mardiastuti, M.Sc.

Dosen :

Prof. Dr. Ir. Hadi S. Alikodra, MS

Dr. Ir. Aryati Yeni Mulyani, M.Sc

Prof. Dr. Ir. Yanto Santosa, DEA

Dr. Ir. Burhanuddin Masy;ud, MS

Dr. Ir. Nyoto Santoso, MS

Dr. Ir. Jarwadi Budi Hernowo, M.Sc.F

Dr. Ir. Agus Priyono Kartono, M.Si

Dr. Ir. H. Abdul Haris Mustari, M.Sc.F

Dr. Ir. Mirza Dikari Kusrini, M.Si

Ir. Dones Rinaldi, M.Sc.F

Ir. Lin Nuriah Ginoga, M.Si

Dede Aulia Rahman, S.Hut, M.Si

     

Kandang Penangkaran Rusa

Pin It on Pinterest