Divisi Hutan Kota dan Jasa Lingkungan Menyelenggarakan : Pelatihan “Pengenalan Monitoring Kesehatan dan Perawatan Pohon Perkotaan”

Bogor. Kamis, 17 November 2016. Divisi Hutan Kota dan Jasa Lingkungan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE), Fakultas Kehutanan IPB telah menyelenggarakan Pelatihan Pengenalan Monitoring Kesehatan dan Perawatan Pohon Perkotaan di Ruang Sidang Komodo DKSHE.  Dalam pembukaan, Prof Dr. Lilik  Budi Prasetyo, MSc yang juga sebagai kepala divisi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi.  Divisi Hutan Kota dan Jasa Lingkungan mengajukan tema kegiatan “Peningkatan Peran dan Reputasi Divisi Hutan Kota dan Jasa Lingkungan melalui Pelatihan kepada Masyarakat dan Publikasi Internasional.  Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan ini. 

Selanjutnya, Prof Dr. Lilik Budi Prasetyo, MSc menjelaskan  bahwa pelatihan ini penting berkenaan dengan manfaat pohon di areal perkotaan.   Pohon mempunyai multi manfaat baik pada aspek ekologi, ekonomi maupun sosial budaya.  Pohon tidak akan memberikan manfaat yang maksimal apabila pohon tidak sehat.  Oleh karena itu pohon perlu dimonitor kesehatannya dan dirawat apabila sakit.  Pelatihan ini bersifat pengenalan, yang sudah tentu kedepannya bisa ditindaklanjuti  dengan pelatihan-pelatihan  yang lebih spesifik dan banyak prakteknya.  

Jumlah peserta sebanyak  20 orang yang  berasal dari berbagai instansi/lembaga yaitu PT Krakatau Steel, Tbk, Subdin Kehutanan-Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor, Tree Climbers Indonesia (TCI), Tim Kluster Riset Arborikultur-IPB, Dinas Kehutanan Kabupaten Malang, Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW), Mahasiswa Program Pasacsarjana IPB PS Silvikultur Tropika dan  PS Konservasi Biodiversitas Tropika.   Lima narasumber dihadirkan pada pelatihan ini yaitu :  Dr. Ir. Siti Badriyah Rushayati, MSi (Materi:  Pengenalan Ekosistem Perkotaan), Dr. Ir. Rachmad Hermawan, MSc.F (Materi:  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Pohon Perkotaan;  Pengenalan Arborikultur), Dr.  Ir. Elis Nina Herliyana, MSi  (Materi: Identifikasi Jenis-jenis Kerusakan dan  Monitoring Kesehatan Pohon),   Dr. Lina Karlinasari, S.Hut, MSc.F (Materi: Deteksi Pohon Berbahaya  (Hazard Tree) di Ruang Publik), Dr. Ir. Endes N. Dahlan, MS (Materi: Perawatan Pohon Perkotaan).  Pelatihan  berakhir pada Pukul 16.00 dengan Acara Penutupan dan Foto Bersama. (RH/@W).

hkjl-training1