Tiga Mahasiswa Program Sarjana DKSHE Mendapatkan Scholarship Mengikuti Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura

Singapura, 29 Juni – 02 Juli 2016. Conservation Asia 2016 merupakan konferensi yang pertama kali diselenggarakan oleh kerjasama antara dua perhimpunan besar yaitu Association for Tropical Biology and Conservation Asia-Pasific chapter (ATBC Asia-Pasific chapter) dan  Society for Conservation Biology Asia section (SCB Asia section). Tema besar yang diangkat dalam konferensi ini adalah Sustainable Landscapes for People, Business, and Biodiversity. Konferensi dilaksanakan di National University of Singapore dan dihadiri oleh lebih dari 550 partisipan dari 37 negara di dunia. Sebanyak 62 partisipan berkesempatan menjadi presentator pada sesi pada sesi poster + speed talk presentation, sedangkan beberapa partisipan lainnya berkesempatan menjadi presentator pada 39 simposium dengan tema yang berbeda. Pada kegiatan ini, dua mahasiswa semester 6 Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE), Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor yaitu February T A R dan Exist In Exist terpilih untuk mempresentasikan abstraknya dan juga menjadi volunteer dalam kegiatan tersebut. Kedua mahasiswa juga mendapatkan bantuan scholarship dari pihak panitia untuk biaya registrasi dan akomodasi.

February T A R mempresentasikan abstraknya yang berjudul Role of student in the conservation of Indonesia karst region di simposium yang bertema Asian Karst Conservation. Sementara Exist In Exist mempresentasikan abstraknya yang berjudul Ecotourism busines : an opportunity for safeguarding biodiversity at Sukamantri Tourism Park, Indonesia di simposium dengan tema terbuka yaitu Conservation. Kedua presentasi dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2016. Selain berkesempatan menjadi presentor, keduanya bersama dengn seorang mahasiswa DKSHE lainnya, Mutiah Marhamah, juga terpilih untuk menjadi volunteer pada acara konferensi ini. Beberapa kegiatan lain yang diikuti partisipan pada konferensi ini antara lain, pidato pembicara utama, panel paripurna, soft skills dan pre/post-conference workshop, dan pre/post-conference field trip. Pada kegiatan ini juga, salah satu dosen DKSHE yaitu Dr. Mirza D Kusrini, MSi juga menjadi salah satu panel dalam panel paripurna yang bertem Championships for Species Conservation pada tanggal 2 Juli 2016.

Conservation Asia 2016 telah menjadi wadah bagi para partisipan yang hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman, khususnya dalam bidang konservasi. Informasi lebih lengkap mengenai susunan acara dan daftar para pembicara dan presentator pada konferensi ini dapat diakses melalui http://www.conservationasia2016.org/ #!programme/c6xf. Abstrak setiap presentor pada konferensi ini dapat dibaca dalam buku abstrak yang dapat diunduh melalui https://drive.google.com/uc?export=download&id= 0B5czXMuWbJ-hcktNNjVSUkhfbEU   (Exist in Exist).

Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-2 Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-3 Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-4 Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-5 Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-6 Kegiatan Conservation Asia 2016 di Singapura-7

Pin It on Pinterest