Eksplorasi Fauna, Flora dan Ekowisata Indonesia (RAFFLESIA) HIMAKOVA 2013 di Cagar Alam Bojonglarang Jayanti Cianjur

 

Cianjur, 23 Januari-1 Februari 2013. Kegiatan ekspedisi RAFFLESIA merupakan suatu kegiatan eksplorasi keanekaragaman fauna, flora dan inventarisasi potensi ekowisata dan gua yang dilakukan pada atau kawasan konservasi khususnya pada kawasan konservasi yang berada di Pulau Jawa. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh HIMAKOVA (Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata), lokasi yang pernah dilakukan ekspedisi ini diantaranya Taman Nasional Halimun Salak, Cagar Alam Sukawayana, Cagar Alam Tangkuban Perahu, dan kegiatan Rafflesia 2013 dilakukan di Cagar Alam Bojonglarang Jayanti, Cianjur, Jawa Barat.

e-rafflesia2

Kegiatan ini umumnya bertujuan untuk menghasilkan data dan informasi terbaru mengenai keanekaragaman, penyebaran, dan kelimpahan jenis Fauna (meliputi mamalia, burung (aves), herpetofauna (reptil dan amfibi), dan kupu-kupu) dan Flora serta peranannya dalam ekosistem. Lalu, untuk mengahsilkan data dan informasi mengenai potensi gua, potensi objek dengan daya tarik wisata, dan untuk menggali informasi mengenai pandangan / sikap serta harapan masyarakat sekitar kawasan konservasi tersebut yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan konservasi agar dapat menunjang pengelolahan kawasan konservasi.

Interaksi yang ada antara manusia dengan sumber daya alam sebagai satu kesatuan ekosistem diharapkan dapat menghasilkan dampak positif bagi konservasi sumber daya alam di dalam kawasan (Abdul Haris Mustari).

e-rafflesia3 e-rafflesia4

Foto Kegiatan RAFFLESIA HIMAKVOVA 2013

Pin It on Pinterest