Seminar Nasional HIMAKOVA DKSHE Fahutan IPB : Pusaka Nusantara

Bogor. 20 Oktober 2018. Sebagai salah satu program unggulan HIMAKOVA Departemen KSHE Fakultas Kehutanan IPB yang dilakukan setiap tahunnya, telah melangsungkan Seminar Nasional yang bertemakan tentang Pusaka Nusantara 2018 yang digelar di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution Kampus IPB Dramaga Bogor pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018.

Gelaran kegiatan ini dilaksanakan sebagai puncak dari rangkaian dua kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu Eksplorasi Flora Fauna dan Ekowisata Indonesia (RAFFLESIA) pada tanggal 16 – 26 Januari 2018 di Ciletuh Geopark, Jawa Barat dan Studi Konservasi Lingkungan (SURILI) pada tanggal 15 Agustus – 01 September 2018 di Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara.

Seminar Nasional Hasil Ekspedisi HIMAKOVA Pusaka Nusantara 2018 diawali dengan sambutan dari Yusuf Dwiutama selaku Ketua Panitia Pelaksana dilanjutkan dengan sambutan oleh M Fithra Adil Lubis selaku Ketua Himakova, serta sambutan oleh Dr. Ir. Jarwadi Budi Hernowo, MScF selaku Sekretaris Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Terakhir sambutan sekaligus pembukaan acara seminar oleh Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, MSc.F.Trop selaku Dekan Fakultas Kehutanan IPB.

Rangkaian kegiatan seminar diisi dengan penyampaian materi kegiatan RAFFLESIA dan kegiatan diskusi panel serta tanya jawab dari: 1. Taufik Ari Firdaus selaku ketua pelaksana kegiatan RAFFLESIA 2018 2. Desi Elvera Dewi, MM perwakilan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO 3. Prof. Ir. Mega Fatima Rosana, M.Sc., Ph.D selaku Guru Besar Unpad 4. Endang Sutisna Ketua PAPSI serta sebagai moderator Bapak Dede Aulia Rahman, S.Hut, M.Si, P.hD.

Selanjutnya penyampaian materi kegiatan SURILI dan kegiatan diskusi panel serta tanya jawab tentang potensi keanekaragaman hayati, potensi ekowisata, pemetaan gua dan kajian sosial budaya masyarakat lokal antara lain: 1. Ramdani selaku ketua pelaksana kegiatan SURILI 2018 2. Dr.Ade Soeharso, S.Hut, M.Si selaku Direktorat KKH 3. Muhammad Wahyudi, SP., MSc selaku Kepala Balai TNAL 4. Prof. Dr. Ir. Yanto Santosa DEA selaku Guru Besar IPB Dan dimoderatori oleh Ibu Dr. Ir. Arzyana Sungkar, MSc

Seminar ini menjadi agenda penting HIMAKOVA jika dengan berkarya dan berbagi untuk menunjukkan jika Indonesia kaya dengan keberagaman alam dan kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Seminar dan diskusi ini menunjukan bahwa menjadi tantangan bagi kita terutama generasi penerus untuk tetap berusaha menjaga kelestarian alam agar ekosistem berjalan seimbang. Selain itu kita diajak untuk menyingkap apa itu konservasi dan mengenal lebih dekat tentang kehidupan sosial, keunikan budaya masyarakat serta potensi ekowisata yang dapat dijadikan destinasi wisata baru di Indonesia. Salam Konservasi. (@W).

 

   

Dikutip dari beberapa media:

https://deskgram.net/himakova

#SeminarNasional #SeminarNasionalHIMAKOVA2018 #SURILI2018 #Rafflesia2018 #HIMAKOVAIPB

Pin It on Pinterest