22 September | Peringati Hari Badak Sedunia

22 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Badak Sedunia atau di dunia internasional populer dengan World Rhino Day ditetapkan pertama kali oleh salah satu lembaga konservasi dunia WWF – Afrika pada tahun 2010 lalu sebagai Hari Badak Internasional. Indonesia beberapa waktu sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan tema Energy of Asia. Salah satu dari 3 maskot pada event internasional tersebut yaitu Badak bercula satu yang diberi nama Kaka  yang melambangkan simbol dari kekuatan Asia khususnya Indonesia sebagai tuan rumkah even internasional 4 tahunan.

Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki populasi tersisa Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang diperkirakan memiliki 50 ekor lebih di wilayah konservasi Taman Nasional Ujung Kulon. Selain badak jawa terdapat Populasi Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) juga dalam kondisi yang tidak kalah kritisnya. Saat ini diperkirakan hanya sekitar 200 individu badak Sumatera yang tersebar di Sumatera bagian utara dan selatan.

Badak merupakan salah satu satwa (langka) yang kharismatik dan sangat dilindungi. Upaya pemerintah melalui kelembagaan yang berwenang bekerjasama dengan berbagai LSM baik nasional maupun internasional terus dilakukan untuk kelestarian badak yang semakin sedikit populasinya  akibat perburuan liar serta penurunan kualitas dan kuantitas habitat asli mereka yang diakibatkan perambahan atau konversi hutan.

Melalui peraturan menteri kehutanan nomor P43/menhut/II/2007 tentang Strategi penyelamatan dan rencana aksi konservasi badak indonesia telah diupayakan dalam meningkatkan populasi badak jawa sebesar 20% serta membangun populasi kedua badak jawa atau suaka badak jawa. Oleh karena itu diperlukan tindakan segera serta komitmen kebijakan pemerintah dan berbagai pihak, baik masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penyelamatan populasi kedua jenis badak untuk menjaga hutan dan menjamin perlindungan penuh populasi badak dan konservasi kedua jenis badak di Indonesia yaitu badak jawa dan sumatera.

Dengan diperingatinya 22 September sebagai Hari Badak Internasional sebagai upaya membangun pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian badak di dunia khususnya Indonesia serta peran serta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab kita semua akan pentingnya keberadaan badak serta kelestarian habitatnya di dunia.(@W)

Selamat Hari Badak Internasional

Referensi berbagai sumber:

forumbadak.wordpress.com
wwf.or.id
menaranews.com
travel.kompas.com
inspirasipagi.id

Pin It on Pinterest