Pelepasan Praktek Kerja Lapang Profesi (PKLP) Angkatan E52 (2015)

Bogor, 07 Juli 2018. Praktek Kerja Lapang Profesi (PKLP) mahasiswa Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan IPB merupakan salah satu kegiatan akademis yang wajib diikuti oleh mahasiswa pada peralihan semester V ke semester VI dalam sistem pendidikan sarjana di Institut Pertanian Bogor. Tujuan kegiatan PKLP tesebut adalah merupakan upaya mengimplementasikan keilmuan yang ditekuni mahasiswa dan dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa untuk menjadi tenaga yang profesional dibidang konservasi dengan memberikan pengalaman langsung di lapangan tentang pengelolaan kawasan konservasi yang pada tahun 2017-2018 ini diselenggarakan di kawasan taman nasional dan di desa penyangga sekitar taman nasional di Indonesia.

Peserta PKLP mahasiswa program sarjana Departemen KSHE tahun 2018 kali ini diikuti sebanyak 104 orang peserta antara lain 100 mahasiswa angkatan E52 (2015) dan 4 mahasiswa angkatan 51 (2014). Mahasiswa Peserta  PKLP dibagi menjadi 13 kelompok praktek lapang yang dibimbing 11 dosen pembimbing praktek. Lokasi praktek ditetapkan di 7 kawasan Unit Manajemen dan Desa Penyangga Taman Nasional yang berada di Pulau Jawa, yaitu Taman Nasional (TN) Baluran, TN Alas Purwo, TN Gunung Gede Pangrango, TN Gunung Halimun Salak, TN Gunung Ceremai, TN Ujung Kulon dan TN Bukit Barisan Selatan. Lama waktu kegiatan PKLP dilaksanakan selama 32 hari yaitu dimulai dari tanggal 10 Juli – 10 Agustus 2018.

Rangkaian tahapan persiapan pelaksanaan kegiatan PKLP telah dilakukan sebelumnya antara lain 1) Perizinan lokasi PKLP, 2) Pembagian kelompok mahasiswa PKLP, 3) Penjajagan lokasi PKLP (taman nasional dan desa penyangga), 4) Sosialisasi/Kuliah Penjelasan Umum PKLP, dan 5) Kuliah Pembekalan Pengelolaan Taman Nasional dan Daerah Penyangga Taman Nasional.

Penglepasan dan pemberangkatan mahasiswa peserta PKLP telah dilaksanakan dan diresmikan di Ruang Sidang Sylva Fakultas Kehutanan IPB pada hari Jum’at, 06 Juli 2018 oleh Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, M.Sc.F. (Dekan Fakultas Kehutanan) dan Dr. Ir. Nyoto Santoso, MS (Ketua Departemen KSHE) yang dihadiri juga oleh Ir. Siswoyo, MS (Ketua Komisi PKLP), Dede Aulia Rahman, S.Hut, M.Si, PhD (Wakil Komisi Pendidikan dan Kemahasiswaan) serta  Ir. Haryanto, MS, Dr. Ir. Burhanuddin Masy,ud, MS, Ir. Lin Nuriah Ginoga, M.Si selaku perwakilan dosen pembimbing praktek dari Departemen KSHE. Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas kehutanan memberikan arahan kepada mahasiswa peserta PKLP agar mengikuti rangkaian kegiatan praktek dengan sebaik-baiknya, dan selalu memperhatikan arahan sebelumnya yang telah diberikan saat sosialisasi dan pembekalan kuliah umum PKLP untuk dijadikan pedoman dalam menyusun rencana dalam menyelesaikan tugas praktek di lapangan sesuai pada waktunya. Selain itu Ketua Departemen KSHE dan Ketua Panitia Pelaksana PKLP juga menambahkan agar seluruh mahasiswa peserta PKLP selalu selalu menjaga kesehatan, keselamatan serta memperhatikan arahan dari para dosen pembimbing praktek yang nantinya dibantu oleh staf yang ditunjuk dari pihak Taman Nasional.(@w)

 

Pin It on Pinterest