SEMINAR NASIONAL JELAJAH NEGERI 2017

Bogor, 18 November 2017. Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) DKSHE FAHUTAN IPB tepatnya pada hari Sabtu, 18 November 2017 telah menyelenggarakan Seminar Nasional Jelajah Negeri yaitu serangkaian kegiatan expedisi konservasi HIMAKOVA di beberapa wilayah Taman Nasional di Indonesia selama tahun 2017. Kegiatan Seminar ini dilaksanakan sebagai wujud pengabdian dalam bidang konservasi kepada negeri sepanjang tahun 2017 dengan mengusung tema “Menyingkap Pesona Alam Negeri sebagai Bukti Nyata Pengabdian Bagi Ibu Pertiwi” yang bertujuan agar lebih mengenal apa itu konservasi dan seberapa pentingnya konservasi terhadap kekayaan sumberdaya alam bagi kelestariannya untuk masa yang akan datang.

Kegiatan seminar Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 November 2017 bertempat di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution (AHN) Kampus IPB Dramaga Bogor. Acara utama seminar nasional hasil dari ekspedisi Himakova diantaranya:

  1. Stadium General dengan topik bahasan “Konservasi untuk Kesejahteraan Bangsa”
  2. Seminar Hasil : Ekspedisi Rafflesia ( Eksplorasi Fauna Flora dan Ekowisata Indonesia) yang dilaksanakan pada tanggal 17-27 Januari 2017 di Cagar Alam Leuweung Sancang, Jawa Barat
  3. Seminar Hasil : Ekspedisi SURILI (Studi Konservasi Lingkungan) yang telah dilaksanakan pada tanggal 19-30 Agustus 2017 di Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur.

Acara kegiatan seminar nasional HIMAKOVA 2017 dihadiri oleh Guru Besar pendiri Departemen KSHE Bapak Prof. Dr. Ir. Hadi S. Alikodra, MS, Ketua Departemen KSHE Bapak Dr. Ir. Nyoto Santoso, MS, Ibu Dr. Ir. Lailan Syaufina Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan IPB, Bapak Dr. Ir. Agus Hikmat, M.Sc.F. sebagai Pembina HIMAKOVA, Bapak I Gede Gelgel D.P.W, S.Hut, M.SE, MA selaku Kepala KPHK Guntur Papandayan, Ibu Nur Patricia S.Hut, M.Sc selaku Kepala Balai TN Kutai, dan Bapak Ir. Sunandar Trigunajasa selaku Kepala BKSDA Kaltim.

Pembukaan Seminar Nasional Jelajah Negeri 2017 oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan IPB, dilanjutkan dengan Studium General dengan topik Konservasi Bagi Kesejahteraan Bangsa oleh Prof. Dr. Ir. Hadi S. Alikodra, MS, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa plakat serta foto bersama serta Seminar hasil ekspedisi SURILI yang dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi I :
penyampaian materi kegiatan SURILI dan kegiatan diskusi panel serta tanyajawab:

  • Taqiyuddin selaku ketua pelaksana kegiatan SURILI 2017
  • Nur Patricia S.Hut, M.Sc selaku Kepala Balai TN Kutai
  • Sunandar Trigunajasa selaku Kepala BKSDA Kaltim
  • Ir. Agus Priyono Kartono M.Si selaku moderator

Sesi II :

  • Adi Ardana selaku perwakilan tim RAFFLESIA 2017
  • I Gede Gelgel D.P.W, S.Hut, M.SE, MA selaku Kepala KPHK Guntur Papandayan
  • Haryanto, MS selaku dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Institut Pertanian Bogor
  • Resti Meilani, S.Hut, M.Si selaku moderator

 

Rimba raya indah permai nan mulia, maha taman tempat kita bekerja.
Salam konservasi !!
(@W)