Tugas Akhir dan SKL


I. PROGRAM SARJANA

Rangkaian tugas akhir program sarjana secara online sebagaimana diatur pada ketentuan yang mengacu pada Surat WRPK No. 5161/IT3/PP/2020 tentang Panduan Pelaksanaan Tugas Akhir Sarjana Secara Online dapat dilihat lebih jelas pada link berikut (view), dimaksudkan agar mahasiswa memahami ketentuan baik secara administratif dan teknis pelaksanaan tugas akhir secara online. Sangat dianjurkan bagi mahasiswa ketika mengisi formulir atau mengunduh formulir menggunakan akun (apps) yang sudah dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.

A. Kolokium (Pra Penelitian)

Daftar diisi pada link berikut :

Formulir Kolokium (Pra Penelitian)

B. Seminar Skripsi

Pendaftaran seminar tugas akhir skripsi bagi mahasiswa program sarjana Departemen KSHE secara online harus memperhatikan ketentuan dengan melampirkan syarat-syarat yang sudah dilengkapi sebagaimana berikut:

  1. Ringkasan Seminar yang telah di verifikasi dosen pembimbing (pdf)
  2. Kartu Seminar (jumlahnya sesuai ketentuan yang berlaku) (jpg/pdf)
  3. Transkrip Rekapitulasi Studi (syarat sesuai ketentuan mengikuti panduan sarjana)
  4. Slip Bukti SPP terakhir/berjalan (jpg/pdf)
  5. Formulir Seminar Skripsi yang sudah diverifikasi dosen pembimbing (doc/pdf)

Catatan :
A. Pengurusan administrasi seminar paling lambat 6 (enam) hari kerja sebelum pelaksanaan ujian (H-6). Penjelasan teknis dapat dilihat pada Aturan Tata Cara Seminar Online pada link berikut (unduh) dengan menggunakan akun (apps).

B. Format penamaan files :
1). Ringkasan Seminar format file (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_RS.pdf); 2). Kartu Seminar (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_KS.jpg/pdf); 3). Transkrip Rekapitulasi Studi (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_TRS.pdf); 4). Slip Bukti SPP terakhir/berjalan (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_SPP.jpg/pdf); 5) Formulir Seminar Skripsi yang sudah diverifikasi dosen pembimbing (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_FSS.doc/pdf)

FORMULIR SEMINAR SKRIPSI (unduh) dengan menggunakan akun (apps).

Formulir Isian Seminar Skripsi

C. Ujian Sidang Komprehensif

Pendaftaran ujian Akhir Skripsi bagi mahasiswa program sarjana Departemen KSHE secara online harus memperhatikan ketentuan dengan melampirkan syarat-syarat yang sudah dilengkapi sebagaimana berikut:

  1. Formulir Pendaftaran Ujian Akhir Sarjana yang diisi lengkap dan telah di verifikasi dosen pembimbing (doc) kirim via WA bagian akademik
  2. Buku Konsultasi yang telah diisi lengkap dan telah diverifikasi dosen pembimbing (jpg/pdf) upload di formulir online
  3. Abstrack Skripsi sesuai standar format penulisan (pdf) upload di formulir online
  4. Slip Bukti SPP terakhir/berjalan (jpg/pdf) upload di formulir online
  5. Draft Skripsi sudah diverifikasi oleh pembimbing (lembar pengesahan) kirim via WA bagian akademik

Catatan:
A. Pengurusan administrasi Ujian Akhir Skripsi paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum pelaksanaan ujian (H-7). Penjelasan teknis dapat dilihat pada Aturan Tata Cara Ujian Akhir Sarjana Online pada link berikut (unduh) dengan menggunakan akun (apps).

B. Format penamaan files :
1). Formulir Pendaftaran Ujian Akhir Sarjana (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_FUAS.pdf); 2). Buku Konsultasi Mahasiswa (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_BKM.jpg/pdf); 3). Abstrack Skripsi (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_AS.pdf); 4). Slip Bukti SPP terakhir/berjalan (E34XXXXXX_Nama-Mahasiswa_SPP.jpg/pdf)

FORMULIR PENDAFTARAN UJIAN AKHIR SARJANA (unduh) dengan menggunakan akun (apps).

Formulir Pendaftaran Ujian Akhir Sarjana

Kontak person pengurusan Administrasi Tugas Akhir Program Sarjana :

Duddy Mulyadi : Admin 085719266990 (WAG Tugas Akhir Skirpsi)


D. Ketentuan Baku Administrasi dan Prosedur Penerbitan SKL Program Sarjana

Syarat-syarat pengurusan administrasi akhir kelulusan ujian sidang Program Sarjana berdasarkan ketentuan yang mengacu pada Surat WRPK No. 5161/IT3/PP/202 yang mengatur tentang sebagaimana disebutkan pada butir G yaitu tentang penerbitan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan prosedur penerbitan SKL secara daring dengan mengikuti ketentuan baku yang diatur sebagai berikut :

a. Persyaratan administrasi untuk memperoleh SKL:
(1) File digital Lembar Pengesahan Tugas Akhir yang sudah ditandangani Komisi Pembimbing dan Ketua Departemen, atau bukti digital lain terkait pengesahan tugas akhir (screenshoot persetujuan tugas akhir melalui email/aplikasi chat)
(2) File digital bukti lunas UKT semester berjalan
(3) File digital tugas akhir final
(4) File digital phasphoto berwarna
(5) File digital bukti distribusi skripsi berupa surat perjanjian akan melakukan pendistribusian skripsi dalam bentuk hardcopy setelah periode pembatasan masuk kampus berakhir. Surat perjanjian ini harus mendapat persetujuan dan tanda tangan salah satu Komisi Pembimbing
(6) File digital surat keterangan bebas pinjaman (clearing online) dari KPAP
(7) File digital surat keterangan bebas pustaka dari perpustakaan IPB
(8) File digital isian biodata alumni dari Departemen

b. Prosedur:
(1) Mahasiswa menghubungi Staf Adiministrasi Akademik Departemen secara tanpa tatap muka menggunakan fasilitas email atau chat untuk mendapatkan formulir pengajuan SKL dan isian biodata alumni
(2) Mahasiswa mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan secara daring menggunakan fasilitas email atau chat, khusus surat keterangan bebas pustaka dari perpustakaan IPB dapat dilakukan secara paralel dengan pengurusan SKL (disusulkan jika sudah diperoleh surat tersebut)
(3) Staf Administrasi Akademik Departemen mengecek kelengkapan dokumen dan mengirimkan file digital bukti pengambilan SKL dan memperbaharui data SIMAK (jika dinyatakan lengkap). Pembaharuan data SIMAK meliputi tanggal lulus, judul skripsi final, dan nama Komisi Pembimbing
(4) Staf Admininstrasi Akademik Departemen mencetak transkrip nilai dan surat permohonan penerbitan SKL
(5) KTU Departemen memverifikasi dan memaraf surat permohonan penerbitan SKL
(6) Kadep/Kaprodi/Komdik menandatangani surat permohonan penerbitan SKL dan memaraf transkrip nilai
(7) Staf Administrasi Akademik Departemen meminta nomor surat penerbitan SKL secara tanpa tatap muka melalui fasilitas telepon/chat ke Sekretariat Dekanat dan mengirimkan dokumen pengurusan SKL ke KPAP
(8) Staf Sekretariat Dekanat menerima permintaan nomor surat dan mendokumentasikan nomor surat
(9) Staf Administrasi KPAP mencetak SKL dari SIMAK dan Ketua/Sekretaris KPAP memaraf SKL tersebut
(10) Dekan/Wadek menandatangani SKL
(11) Staf Administrasi di Dekanat membubuhkan cap Fakultas dan stempel tanggal lulus pada SKL dan transkrip nilai serta mengirimkan kedua dokumen tersebut ke KPAP
(12) Staf Administrasi KPAP memindai SKL dan transkrip nilai dan mengirimkan file digitalnya kepada mahasiswa melalui fasilitas email/chat
(13) Mahasiswa mengirimkan file digital bukti pengambilan SKL yang sudah ditandatangani oleh mahasiswa setelah menerima file digital SKL dan transkrip nilai.

Formulir pemohon dapat diunduh pada link berikut (Formulir pengajuan Pembuatan SKL) untuk diisi ybs dan disisipkan foto 3×4. Selain itu dilampirkan juyga file digital yaitu : Bukti Clearing Online, Bukti Lunas UKT semester berjalan, Keterangan Bebas Pustaka IPB, Bukti Lunas UKT semester berjalan, selanjutnya dikirimkan ke email administrator (dy_mulyadi@apps.ipb.ac.id) atau kontak WA (085719266990).

Pengisian Form Riwayat Studi S1 dan Survey Kepuasan Pengguna secara daring (wajib), diisi sebelum pengambilan lembar SKL. Alamat telah disediakan dan mempersiapkan file digital untuk diunggah ke aplikasi google form berikut dengan menggunakan akun (apps). :

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah Icon-Google-form-2-223x300.png
Form Riwayat Studi S1
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah Icon-Google-form-2-223x300.png
Form Survey Kepuasan Pengguna

Hal yang perlu diperhatikan dalam memudahkan identifikasi penamaan file sebagai berikut :

  1. Softfile Formulir Isian Pengajuan Pembuatan SKL (format penamaan file NIM_ nama-mahasiswa_Form-SKL.pdf)
  2. Softfile Form Clearing yang sudah disahkan TU Fakultas (format penamaan file NIM_ nama-mahasiswa_form_clearing.pdf)
  3. Foto dengan jaket almamater ukuran 3 x 4 cm dengan extensi file jpg/pdf (format penamaan file NIM_nama-mahasiswa_foto.jpg/pdf).
  4. Foto dengan jaket almamater ukuran postcard (3R) dengan extensi file jpg/pdf (format penamaan file NIM_ nama-mahasiswa_foto.jpg/pdf).
  5. Skripsi final (Full) yang sudah ditandatangani dosen pembimbing, ketua departemen dan disahkan cap basah (stempel Fakultas) dengan extensi file pdf (format penamaan file NIM_nama-mahasiswa_skipsi.pdf)
  6. Abstrack skipsi dan lembar pengesahan skripsi (gabung menjadi 1 file) dengan extensi file pdf (format penamaan file NIM_ nama-mahasiswa_abstrack.pdf)
  7. Softfile Surat Keterangan Bebas Pustaka IPB dengan extensi file pdf /png/jpg (format penamaan file NIM_ nama-mahasiswa_PustakaIPB.pdf)
  8. Softfile Surat Perjanjian Pendistribusian Skripsi (bermaterai) setelah periode pembatasan masuk berakhir dan disetujui salah satu pembimbing yang dibuat oleh Lulusan ybs.

II. PROGRAM PASCASARJANA (Lihat)

Share

Pin It on Pinterest